Saturday, October 20, 2012

Off Season

Off season di Indonesia tahun 2012 ini nyaris setahun penuh. Semoga tahun depan semakin sepi yah. Doa ini gue ajukan untuk memperuncing pemikiran gue kalo sebenernya sulit untuk memajukan kegiatan motorsport Indonesia kalo tidak ada aktor intelektualnya dan stakeholders-nya profit oriented. Yah ngga mau naive sih, siapa yang ngga cari duit. Cuman caranya aja yang kadang suka blo'on. No more critics whatsoever, just enjoying the show. And once in awhile it's nice showing off a little bit.

 And when the ordinary is not enough,
Sometimes we get lucky being able to do this.

Whoaaahmm... ngantuk...
have a nice weekend guys.

Sunday, October 14, 2012

My Family Heritage


Bulan lalu tiba - tiba gue dapet telepon dari Tante gue kalo dia mau jual mobil VWnya. Sepertinya tanpa alasan yang mendasar sih. Ya gue sih bersambut aja soalnya gue tau itu sebenernya bukan mobilnya dia. Tapi mobil Niniek gue ( nenek dalam bahasa padang ). VW Beetle 1303 serinya. Dan seperti sebelum - sebelumnya, gue emang ngga pernah fanatik sama satu brand mobil tertentu. Gue hanya seneng mobil dengan soul yang cukup untuk dikagumi awam dan cukup untuk dikritik parah oleh mereka yang mengaku 'ahli'. Kontroversial selalu jadi landasan awal biasanya. Tapi kali ini gue yang dikerjain lebih dulu. Hehehe. Dikerjain gimana maksudnya? Gini ceritanya.


Setelah ditawarin mobil ini, gue langsung telepon bokap dan kasih tau kalo mobil ini akhirnya dijual. "Setelah sekian lama menanti ( sebenernya ngga pernah kepengen sampe segitunya, tapi cuman suka kepikiran aja buat punya ) akhirnya dijual juga nih Yah." "oyah? berapa?" kata bokap. "Rp XX Yah" jawab gue. "Yaudah nanti Ayah di Jakarta kita bahas lagi" katanya. Seminggu kemudian, setelah dikusi dengan Nyokap juga mungkin, akhirnya dapet approval.

Sejarahnya mobil ini adalah mobil Niniek gue. Nyokapnya nyokap. Dibeli dengan kondisi brand new di tahun 1974 dan terakhir dipakai sama tante gue yang adalah adik nyokap yang paling kecil. Dulu salah satu sepupu gue pernah sering minjem mobil ini juga buat kalo dia mau jalan - jalan. Gue pernah ikut dia sih beberapa kali. Dan memang biarpun ngga ada AC, Power Window dan Power Steering mobil tua ini ngga rewel dan menyenangkan untuk jalan - jalan di bukan jam panas dan macet tentunya.  


Tangan pertama dan gosipnya semua partsnya masih ori. Gue belom check and recheck sih. Belom sempet soalnya. Yang jelas bentuknya kayak VW Beetle standard cuman udah tua aja.



Ini kopian dari taun 1977. Murah banget yah? Mau tau harga mobilnya berapa?



Price list untuk assembling dalam negerinya Rp. 3.100.000 ,- Gimana menurut lo semua?


Dan ini surat serah terimanya.

Hampir semua dokumennya lengkap



Langsung kebayang deh gue jalan - jalan pake ni mobil. Tapi yang pertama mesti dilakuin adalah restorasi ke kondisi awalnya. Begitu dapet approval, gue langsung bilang sama tante gue untuk mau ambil mobilnya hari minggu pagi. Alasannya? supaya jalanan lagi sepi, dan kalo ada apa - apa, bisa langsung panggil derek untuk bantuin. Mobil ini ngga pernah ada cerita mogok dan rusak ini itu. Kalo toh ada sangat amat jarang. Gue pernah tinggal di rumah nenek gue 4 tahun, dan ngga pernah denger tante gue sekalipun ngeluh tentang mobil ini. Palingan dia telepon om gue (kakak nyokap) atau bawa ke bengkel kalo ada keluhan - keluhan dikit. Tapi alasan gue milih hari minggu pagi waktu itu lebih ke jaga - jaga kalo ada apa - apa.



Dan bener aja. Pas gue ambil, inilah yang kejadian. Dia berenti di jalur cepet karena plat kopling abis dan gigi 2 masih masuk. Karena gue jalan pelan - pelan aja sebelumnya, jadi emang ngga kerasa gigi susah masuk seperti 'keerr keerr' gitu. Lo bayangin deh ini di jalur cepet kuningan jam 10 pagi. Dibelakang gue lagi moto ini kayak ratusan mobil ngantri gara2 separo jalur ilang sama ni kodok. Dan yang paling nyebelin adalah, dia ngga bisa didorong. Ngga mau jalan sama sekali. Kalo lo pernah nonton Herbie dan liat si Herbie itu ngambek, persis sama kayak gitu. Mesinnya idup kalo kopling diinjek, tapi ngga bisa jalan sama sekali. Feeling sih emang gue harusnya masuk jalur lambat, tapi tanggung biar cepet jadi masuk jalur cepet deh. Dan terjadilah hal yang gue paling takutin ini. Bokap gue yang konvoy-in dari belakang langsung bilang akan panggil derek ke CAR kuningan. Sampe di CAR ngga ada derek yang standby. Jadilah gue terlantar di situ sekitar sejam, terik-terikan, ditemenin pak Polisi mulai dari polisi biasa, PJR pake motor biasa sampe Polisi BM. Gue cuman bisa senyumin aja, "maaf ya pak Pol, mogok pak hehehe.." Semua polisi tadi berikeras mau dorong buat pindahin supaya jangan macet. "Ya silahkan pak coba dorong, saya udah coba pak" ketus gue. Dalam waktu sejam itu, mampir juga temen gue Rifie yang kebetulan lewat. Dalam hati gue, kalo ada yang posting di twitter abis nih gue jadi bahan omongan lol. Anyway, gue udah pikir sih ni mobil bakal susah buat di"ambil", abis udah lama banget di rumah nenek gue. Ngambek kayaknya dia hehehe. Tapi ngga papa segini aja ngga susah kok. Setelah sekitar sejam, dereknya dateng, dan untuk bisa digendong ni mobil harus dipaksa maju pake tali slingnya. Ya gimana lagi, susah - susah benerin ini itu. Sikat aja sekian biar cepet. 

Setelah dipaksa, dia bakal langsung dibawa ke bengkel restorasinya. Kerena bengkelnya lagi penuh, jadi belum bisa ngerjain apa-apa. Si pemilik bengkel langsung kasih alternatif untuk belanja spare part yang diperlukan buat restorasi terlebih dahulu sambil nunggu antrian. Moga - moga ngga lama-lama banget yah. hehehe. Ohiya, ini foto - foto lainnya. Ngga sempet detail sih motretinnya. Abis udah kumel duluan terik - terik. heheheh



See you soon Herbie...