Tuesday, December 14, 2010

Guest Blog: M.Fenno >> Bitter Sweet Symphony



Gue memilih blog ini sebagai satu-satunya tempat dimana gue bisa nyeritain gimana kacaunya event Achilles Drift Battle Final Round 11-12 Desember kemaren. Karena gue anggap Auto-Synchronize bisa mewakili suara hati grassrooters seperti gue. Menurut gue, kalau toh pernah ada postingan di blog ini yang mengarah pada keberpihakan Fatsi, itu semata-mata karena dia merasa perlu meluruskan beberapa hal yang di anggapnya salah dan mengapresiasi yang dianggap benar. Itu saja. Dan selain melalui media blog, dimana lagi orang bisa memberikan penjelasan dengan gamblang sekarang ini. Karena semua media sudah diracuni dengan kepentingan korporasi. Bukan begitu?

First of all I wanna say thank you to everyone who has been very supportive from the beginning. Bokap, nyokap, keluarga yang udah selalu mendukung dengan doa restu, dan materi yang cukup buat berangkat lomba. Juga Team Diablo, yang udah dengan professional menemani dan membantu gue dan Danny Ferdito di tengah kesibukannya. Keluarga ‘Diablo’ Satyawanda, yang udah mensupport dan sampai ngizinin gue untuk minjem mobil Danny buat mencoba melanjutkan lomba. Tentunya juga DRIFTinc yang udah selalu ada buat gue di tengah kekacauan peraturan yang tidak jelas. Dengan berat hati gue ngerasa juga harus berterima kasih kepada Achilles yang udah mensupport gue dengan ban dan pendaftaran.

Kepada pihak terakhir kayaknya rasa terima kasih gue kalah sama rasa kecewa gue.
Sebagai korporasi ban besar, kenapa hanya dengan bimbingan drifter luar negeri saja baru bisa keliatan kualitasnya? kenapa gak bisa sih belajar dari event lain yang notabenenya kompetitor yang walaupun banyak hambatan namun juga ingin mengiklankan produknya, tetap memegang prinsip REAL DRIFTING EVENT.

ADB Final Round ini langsung dimulai dengan kekecewaan dari pagi hari banget, dimana ada beberapa peserta yang tidak ditegur saat ngetes mobilnya di paddock padahal ada peraturan TIDAK BOLEH MENCOBA DRIFT DI LINGKUNGAN PADDOCK, tentunya karena alasan safety kan. Aspal paddock tuh isinya kerikil, alhasil yang ngetes mobil di paddock akan bikin kerikil-kerikil mental, mengenai mobil-mobil yang di pit beserta orang sekitar. Gue kena sambit batu tepat di atas mata gue, dan kebayang kah kalo itu kena mata? Gue dan beberapa peserta lain udah dengan susah payah patuh dan taat pada peraturan tapi harus ngeliat peraturan paling dasar aja dilanggar sama tim lain yang mungkin ngerasa lebih punya kedeketan dengan penyelenggara.

Kekecewaan kedua dimulai pada hari berikutnya saat pengumuman hasil kualifikasi. Karena alasan yang kurang jelas, kualifikasi diundur dari hari sabtu ke minggu. Hasil kualifikasi sangat sangat ngga ada masuk akalnya sama sekali. Keliatan banget ada peserta yang diunggulkan dan sangat-sangat dibela. Padahal run kualifikasinya jelas-jelas nggak bagus. Cukupkah untuk membuat pertanyaan? Berhubung jurinya semua adalah orang yang sudah lama terlibat di slalom, dan peserta yang gue maksud itu berasal dari slalom. Tapi, kekecewaan terbesar gue bukan itu.



Alhamdulillah gue masuk best 16, best 16 dimulai dengan adanya permohonan ke gue untuk menandatangani surat permohonan dari dua drifter yang memiliki masalah pada mobilnya, yang satu ingin GANTI MOBIL dan yang satu lagi ingin lanjut lomba tanpa kaca depan. Dengan ikhlas gue setuju karena bukan masalah buat gue. Gue ngga peduli siapa yang gue lawan dan gue cuman pengen drifting. Perjalanan gue berlanjut sampe best 8, dimana terjadi kecelakaan yang mengakibatkan mobil gue rusak dan TIDAK BISA DRIFTING. BUKAN TIDAK BISA JALAN, tolong diingat, dan karena itu kesalahan lawan gue, gue lolos ke best 4 dengan mobil yang tidak tahu bisa diperbaiki apa tidak.



Gue bingung bagaimana gue bakal ngelanjutin ke best 4 dengan mobil yang gak prima. Lalu gue teringat bahwa tadi ada peserta yang boleh GANTI MOBIL dengan persetujuan dari semua peserta, yang tentunya hal itu DIPERBOLEHKAN ATAS IZIN PIMPINAN LOMBA. Dengan segera gue memohon sama team mate gue Danny Ferdito, supaya gue boleh meminjam mobilnya LEXUS IS200 2JZ. Ternyata dia dengan senang hati memperbolehkan, bahkan keluarganya sangat mendukung gue untuk make mobil tersebut. Gue bener-bener berterima kasih yang teramat besar, dan gue segera meminta manager Team Diablo untuk meminta izin agar diperbolehkan mengganti mobil. Lucunya, dengan alasan ini sudah BEST 4, GUE NGGA BOLEH GANTI MOBIL.

Ok, apakah ada peraturan kalo ganti mobil diizinkan sebelum best 16 dimulai? Nggak ada. Apakah ada peraturan untuk memperbolehkan drifter bertanding dengan mobil yang ngga memiliki kaca depan? Nggak ada, GA ADA SAMA SEKALI. Tapi kenapa beberapa pihak tertentu yang mungkin lebih memiliki koneksi ke pihak penyelenggara mendapat privilege? Kacau. Dan lebih parahnya, pimpinan lomba itu sendiri ngga tegas dan nggak konsisten, mereka bingung sendiri. Gue sempet boleh maju ke garis start, udah siap mulai run best 4, eh tiba2 dibatalin dengan alesan lawan gue udah dibiarin start sendiri yang nandain bahwa gue udah dianggap ngga bisa start. Ini terjadi TANPA KONFIRMASI KE PIHAK GUE SAMA SEKALI. SANGAT GA MASUK AKAL, SANGAT GAK JELAS.

Kekesalan belum selesai sampai disana. Berhubung gue best 4, harusnya ada perebutan juara 3 kan? Ok gue gak ngelawan lawan gue di best 4, tapi gue harusnya diberi kesempatan atau bahkan ditanya apa gue bisa maju ke perbutan juara 3 kan? NGGA ADA, NGGA ADA PEREBUTAN JUARA 3. Tiba-tiba aja kayak udah ada juara 3-nya yang mobilnya udah jebol dan ngga bisa maju ke perebutan juara 3. Padahal kalo mau dipaksain, mobil gue masih bisa jalan kok walaupun pincang. Lawan dia yg mobilnya jebol, RUSAK VS RUSAK, tapi dia bener-bener ngga bisa jalan mobilnya.



Logikanya, gue harusnya kan yang juara 3?? Maksud gue ayo kita bawa mobil kita ke garis start untuk perebutan juara 3, dan kita liat siapa yg bisa jalan dengan tenaga mobil sendiri. Tapi kenyataannya ngga ada. TIDAK ADA. Semua kayak udah ditentuin dengan asumsi gue ngga bisa ngapa-ngapain lagi.

Gue bukan dendam, tapi gue mau ngelurusin semuanya dan nyeritain kenyataannya, bahwa event yang cuma didukung korporasi ban yang pengen jualan ban, bukan pengen membesarkan drift di Indonesia, kalo ga dibimbing sama orang luar, cuma bakal berhasil bikin banyak orang kecewa. Cuma nyakitin pihak yang nggak punya koneksi sama penyelenggara. Bener-bener deh ya ADB, Ancur Dan Berantakan, dan dari nama produknya sendiri, start with an A, end with an S, you’re totally an ass.






Text : M.Fenno.
Edit : Fatsi

5 comments:

  1. tetap semangat bro, full doa dah dari medan :D

    ReplyDelete
  2. sabar bro
    emang kayakya ADB kemaren secara situasi dan kondisi tidak di perhitungkan , dan jadwal berubah2 (y)

    ReplyDelete
  3. Fenno,

    Maaf hari minggu saya tidak datang dan sudah berada di Singapore.

    Sedih dan sayang sekali membaca postingan kamu. Kalau di Ijinkan, saya atas nama seportku.com ingin juga menyebarluaskan hal ini sehingga seluruh pihak yang terlibat dapat ber-benah diri untuk tahun 2011.

    SPORTKU.COM masih tidak TER-IKAT kepada SPONSOR manapun, dan tujuan pribadi saya membuat sportku.com adalah untuk keuntungan para pembalap dan penikmat balap

    ReplyDelete
  4. wah, parah banget nih balap drama, kaya sinetron aja

    btw, boleh di share di fb atau twitter ga ?

    ReplyDelete
  5. Belajar profesional lah bos, panitia udah ga profesional, lo nya jgn ikut2an ga profesional. belajar menerima keadaan. gue gak mau start krn gue sudah punya handicap start di 4 besar, sedangkan lo blm sama sekali.

    Dika CH

    ReplyDelete