Tuesday, December 25, 2012

#10. Teamwork


Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain basket di akhir pekan. Refreshing. Paling menyenangkan lagi adalah kalo main basket sama teman-teman yang kita kenal, tau, dan udah sering main basket sama-sama. Kantor gue punya kebiasaan main basket di hari sabtu pagi. Sangat menyenangkan. Suatu hari karena gue menganggap yang menyenangkan itu adalah “maen basket”nya, dengan gagah berani gue dan sahabat gue ikut maen sama kelompok di luar orang-orang kantor. Hasilnya? Amburadul.

Gue ngga nyangka hasilnya seperti itu. Setelah gue pikir-pikir, ternyata yang sulit itu adalah beradaptasi dalam 1 team baru dan harus perform maksimal dalam waktu yang singkat. Tentu ada variable skill yang berperan dari masing-masing personel. Tidak mungkinkan masing-masing personil skillnya rata-rata air? Dicampur lagi ritme dan pola menyerang dan bertahan yang sangat berbeda saat bermain dengan teman-teman kantor.

Teamwork adalah pelajaran yang berharga. Materinya adalah menjadi seorang team player dengan kemampuan adaptasi, komunikasi dan koordinasi yang tinggi. Untuk beberapa personel yang sangat menonjol kemampuannya, leadership juga merupakan elemen penting teamwork. Gue bisa lihat pelajaran ini dari perspektif yang berbeda-beda. Leaders vs anak buah atau pekerjaan vs main. Teamwork perlu team building. Team building perlu waktu. Kalo kita ngga punya waktu, setidaknya kita sempatkan menganalisa apa yang sebetulnya team butuhkan dari kita dan apa yang kita butuhkan dari team. Setelah itu baru kita bisa raih score yang banyak.


(Baca selanjutnya...)

No comments:

Post a Comment