Tuesday, December 25, 2012

#8. Planning


Baik di kehidupan pribadi maupun pekerjaan planning adalah hal yang sangat penting. Gue liat contoh – contoh yang jelas banget bahwa tanpa perencanaan matang orang ngga akan bergerak kemana-mana.

Seorang teman baik gue baru saja menikah dan tinggal di semarang. Dia datang dari Semarang sekalian membantu gue menyelesaikan project DX di bengkel. Di jalan yang lumayan jauh dan macet kita sempet ngobrol banyak dari A –Z. Akhirnya obrolan sampai pada cerita tentang si A yang sudah kawin, sudah punya anak tapi belum dan sepertinya tidak akan pernah punya pekerjaan tetap. Ini konteks obrolan cowok yah jadi bukan gosip seperti yang cewek-cewek umumnya obrolin. Very technical stuff. Kita sampai pada kesimpulan bahwa secara umum bekerja 9 – 5 itu bukan jaminan memang. Tapi planning untuk bisa menghidupi keluarganya itu yang paling penting menurut kita. Bisa dengan bekerja atau bikin usaha. Rejeki itu urusan yang Diatas, tapi kalo upaya dari si manusia untuk berencana saja malas, ya jangan sedih kalo dikasih segitu aja sama yang Diatas.

Lain lagi di dalam pekerjaan. Lingkup kerja gue di bagian project dan production menuntut planning yang matang dalam semua tahapannya. Lagi-lagi gue bisa liat dengan gamblang bahwa tanpa perencanaan yang baik, kerugian bisa tidak terduga dan jatuh pada nilai maksimal. Contohnya planning produksi. Dengan rencana memproduksi sekian diperlukan bahan baku sekian. Gagal melakukan planning dengan betul berarti inefficiency. Dan gue tau betul bahwa melakukan production planning itu tidak mudah. Yang bisa melakukannya adalah orang yang sangat pintar, kreatif dan harus visioner jangka pendek maupun panjang. Selain itu, diperlukan juga passion dalam melakuan perencanaan. Kalo seorang planner ngga suka bikin plan ya mau jadi apa planningnya. Passion itu penting dalam perencanaan seperti pada pelajaran sebelumnya. Saat ini setiap hari, penting buat gue untuk mengupdate to-do list. Sebuah buku berlapis kulit sintetis warna hitam selalu menemani gue dalam pekerjaan. Hanya untuk membantu gue tidak melenceng terlalu jauh dari rencana hari itu.

So? Apakah lo tipe orang yang terencana dengan baik?


(Baca selanjutnya...)

No comments:

Post a Comment